Khazzanah Tour Travel Umrah Dan Hajj Plus Jakarta, ID: Keutamaan Menyambung Silaturahmi Dalam Islam

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours

Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Keutamaan Menyambung Silaturahmi Dalam Islam

Arti Silaturahmi Dan Sikap Yang Diterapkan


Keutamaan Bersilaturahmi—Agama Islam merupakan agama yang sangat mulia. Sebab, agama Islam sangat memuliakan orang-orang yang pernah hadir atau yang pernah kita kenal dalam kehidupan kita sebagai manusia untuk dikunjungi dan diingat kembali. Kata lain yang dapat mewakilkan hal tersebut adalah kata “silaturahmi”. Silaturahmi merupakan amalan ibadah dalam agama Islam yang sangat berpengaruh di dalam kehidupan dunia dan diakhirat. Mengapa demikian? Karena orang yang senang dalam mengunjungi kerabat atau sanak saudaranya dalam dunia ini atau selalu menyambung tali silaturahmi, maka akan diberikan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebuah hal yang menguntungkan yakni Keutamaan Bersilaturahmi. Untuk definisi silaturahmi sendiri adalah Sebuah ungkapan yang menggambarkan tentang perbuatan baik, kasih sayang dan kelembutan yang ditujukan kepada keluarga yang senasab (satu keturunan) dan karib kerabat, serta perhatian terhadap kondisi mereka, sekalipun mereka berada di tempat yang jauh dan berbuat tidak baik kepada kita. (Lisanul ‘Arob 11/728). Niat silaturahmi di tanah suci dengan umat muslim dan muslimah lainnya bisa lewat Khazzanah Tour Travel Umroh dan haji jujur, amanah, dan terpercaya serta telah lama berpengalaman sekarang juga!

Atas definisi yang telah disebutkan, maka lebih jelas pula sifat dan sikap yang  harus diterapkan ketika kita sedang melakukan silaturahmi kepada kerabat atau sanak saudara. Yang paling utamanya sebelum menerapkan sifat dan sikap tersebut adalah mengawali niat yang baik dalam melakukan silaturahmi. Jadi, segala sifat dan sikap yang baik-baik seperti perhatian dan menuai kasih sayang akan mudah diikutsertakan dalam menunaikan silaturahmi tersebut. Sehingga Keutamaan Bersilaturahmi pun akan mudah didapat bagi yang menjalankan silaturahmi dengan ikhlas tanpa niat macam-macam kecuali mengharap ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Meskipun ada orang yang tidak suka kepada kita, jangan lupa tetap terapakan sifat dan sikap tersebut ketika bersilaturahmi. InshaaAllah Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan membalas kebaikan dalam hati kita.

Keutamaan-Keutamaan Orang Yang Senang Menyambung Tali Silaturahmi


1.Tanda Beriman Kepada Allah dan Hari Akhir


Keutamaan Bersilaturahmi yang pertama ini sudah disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad Shallahu’alaihi Wasalam yang berbunyi “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia menyambung tali silaturrahmi” (Hadits Riwayat Bukhari 6138)

2.Memperpanjang Umur dan Meluaskan Rejeki


Orang yang senang melaksanakan silaturahmi, akan diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kenikmatan berupa dipanjangkan umurnya dan diluaskan rejekinya selagi masih berada di dunia. Hadits yang menerangkan mengenai Keutamaan Bersilaturahmi yang kedua ini adalah “Siapa yang suka untuk diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahmi” (Hadits Riwayat Bukhari 5986 & Muslim 2557)

3.Amalan yang Memasukkan Surga dan Jauh Dari Api Neraka


Keutamaan Bersilaturahmi yang ketiga dikutip dari Abu Ayyub al-Anshori radhiyallahu‘anhu bahwasanya ada seorang laki-laki yang berkata: “Wahai Rasulullah, beritahukanlah kepadaku akan amalan yang dapat memasukkan aku ke dalam surga dan menjauhkan diriku dari api neraka.” Lalu Nabi Shalallahu‘alaihi Wasalam menjawab dengan sabda beliau : “Engkau beribadah kepada Allah semata dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, menegakkan sholat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturrahmi “ (Hadits Riwayat Bukhari 1396 & Muslim 13), yuk silaturahmi sama umat muslim dan muslimah dari negara lain juga lewat Umroh Desember ke tanah suci, inshaaAllah berkah!

4.Bentuk Ketaatan Pada Allah


Sebagaimana dalam Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam surat Ar Ra’du ayat 19-21 telah dijelaskan Keutamaan Bersilaturahmi yang artinya : “Sesungguhnya hanyalah orang-orang yang berakal saja yang dapat mengambil pelajaran. (Yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian.  Dan orang-orang yang menyambung apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhan-nya dan takut kepada hisab yang buruk.” (Al Qur’an Surat Ar Ra’du : 19-21).

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita yang membaca dan mengamalkannya!


Back To Top -->