Khazzanah Tour Travel Umrah Dan Hajj Plus Jakarta, ID: Tata Cara Melaksanakan Shalat Jenazah

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours

Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Tata Cara Melaksanakan Shalat Jenazah


Mengetahui Shalat Jenazah


Tata Cara Shalat Jenazah Yang Benar—Dalam agama Islam, segala makhluk hidup pasti akan dihormati. Bahkan orang yang telah berpulang ke Rahmatullah atau orang yang telah meninggal dunia sekalipun. Orang yang telah meninggal dunia, akan di shalatkan kemudian akan di do’akan pula oleh keluarga, kerabat dekat, sanak saudara dan masih banyak lagi. Agar orang yang telah meninggal dunia tersebut diberi kelapangan tempat dan diterima amal ibadahnya oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Untuk shalat jenazah sendiri, hukumnya fardhu kifayah. Arti dari fardhu kifayah itu adalah kewajiban yang harus dilaksanakan bagi salah satu atau sebagian atau seluruhnya dari sekelompok orang. Apabila tidak ada satupun orang yang mengerjakan dalam sekelompok orang tersebut, tentu saja akan mendapatkan dosa. Jangan sampai ketika ada orang yang meninggal dunia dan beragama Islam, kita mengabaikan dan tidak ikut menyolatkannya. Padahal, kita memilki waktu yang senggang pada saat itu. Termasuk juga keluarga kita. Maka dari itu setidaknya kita perlu mengetahui Tata Cara Shalat Jenazah Yang Benar, agar ketika menyolatkan orang yang telah meninggal dunia, tidak asal-asalan dan hanya mengikuti gerakan imam. Tetapi bacaannya tidak tahu. Shalat jenazah di lakukan dengan posisi berdiri dengan jumlah 4 rakaat. Nah, siapa yang belum mengetahui bagaimana Tata Cara Shalat Jenazah Yang Benar? Bila belum mengetahuinya, kita semua bisa membaca Tata Cara Shalat Jenazah Yang Benar  berikut ini.


Tata Cara Shalat Jenazah Yang Benar :


1.Bersuci


Dalam melakukan Tata Cara Shalat Jenazah Yang Benar, tentu yang paling pertama adalah bersuci terlebih dahulu atau dengan berwudhu seperti ingin melakukan shalat pada umumnya.

2.Niat


Untuk melakukan shalat jenazah dalam urutan awal Tata Cara Shalat Jenazah Yang Benar , tentu saja adanya niat dalam melakukan shalat jenazah dan juga keikhlasan dalam menyolatkan orang yang telah meninggal tersebut. Niat yang paling utama sekali dan sangat murni, adalah niat yang suci dan datangnya dari dalam hati. Adapun bacaan niat shalat jenazah pada Tata Cara Shalat Jenazah Yang Benar ini, yakni sebagai berikut :

“Ushalli ‘alaa haadzal mayyiti fardlal kifaayatin makmuuman/ imaaman lallahi ta’aalaa..”

Artinya : “Aku niat shalat atas jenazah ini, fardhu kifayah sebagai makmum/imam lillaahi ta’aalaa” (Jika jenazahnya perempuan, memakai “hazihi”).


3.Takbir Pertama


Pada Tata Cara Shalat Jenazah Yang Benar setelah melakukan takbir pertama, disunnahkan membaca do’a iftitah dan dilanjutkan membaca surat Al Fatihah. Pilih Travel Umroh Terbaik memang susah jaman sekarang, yuk berbodong-bondong percayakan keberangkatan umroh Anda hanya kepada travel umroh Khazzanah Tour Travel yang sangat berpengalaman di bidangnya!


4.Takbir Kedua


Setelah melakukan takbir kedua, dilanjutkan dengan membaca shalawat Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wasalam.

5.Takbir Ketiga


Kemudian setelah melakukan takbir ketiga, hendaknya membaca do’a jenazah dalam Tata Cara Shalat Jenazah Yang Benar ini. Do’a jenazah tersebut ialah :

“Allahummaghfir lahuu (haa) warhamhuu (haa) wa ‘afiihi (haa) wa’fu ‘anhuu (haa) wa akrim nuzulahuu (haa) wa wassi’ madkhalahuu (haa) wa aghsilhuu (haa) bilmaa-i wa tsalji walbarodi wa naqqihii (haa) minal khotoyaa kamaa yunaqqo tsaubul abyadlu minad danasi wa abdilhu (haa) daaron khairan min daarihii (haa) wa ahlan khairan min ahlihii (haa) wa zaujan khairon min zaujihi (haa) wa qihi fitnatal qobri wa ‘adzaabannnaar”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dia (mayat) berilah rahmatkepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia) istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.
Catatan : Jika jenazahnya laki-laki menggunakan lafdz “hu” (diganti lafadz “hum” apabila jumlah jenazah laki-lakinya banyak) sedangkan untuk jenazah perempuan menggunakan lafadz “ha” (diganti lafadz “hunna” apabila jumlah jenazah wanitanya banyak). Sudah pilih travel umroh Khazzanah Tour Travel, sekarang tinggal paket umrohnya, untuk informasinya Klik Disini


6.Takbir Keempat


Tata Cara Shalat Jenazah Yang Benar selanjutnya bertakbir yang keempat kemudia membaca do’a :

”Allahumma laa tahrimnaa ajrohu wa laa taftinnaa ba’dahu waghfirlanaa walahu..”

Artinya : “ Ya Allah janganlah kami tidak Engkau beri pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya, dan berilah ampunan kepada kami dan kepadanya..”


7.Salam


Tata Cara Shalat Jenazah Yang Benar yang terakhir dengan mengucap salam dari kanan ke kiri masih dalam posisi berdiri.

Back To Top -->