Khazzanah Tour Travel Umrah Dan Hajj Plus Jakarta, ID: Tips Ibadah Umroh

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours

Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Tips Ibadah Umroh

Tingkat kesejahteraan manusia Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat  dan juga penambahan kualitas pemahaman soal ibadah manusia Indonesia khususnya yang beragama Islam juga semakin meningkat, ini ditunjukkan dengan peningkatan yang cukup signifikan didalam mereka mendaftar ibadah haji, walaupun mereka harus rela antri untuk menunggu keberangkatan ke tanah suci menunaikan ibadah haji dalam rentang waktu yang cukup lama yaitu sekitar 5 – 10 tahun, bahkan ada dibeberapa daerah yang harus rela menunggu sampai dengan 20 tahun karena terbatasnya jumlah kuota haji.  


tips-ibadah-umroh

Namun bagi yang sudah rindu untuk bisa segera pergi ke tanah suci, banyak dari mereka yang melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu, bahkan banyak juga dari mereka yang sudah pernah pergi ke tanah suci untuk berhaji atau berumroh, yang karena kerinduan mereka untuk beribadah di tanah suci dan juga karena mereka mengetahui keutamaan beribadah di tanah suci pahalanya berlipat-lipat ganda ribuan kali, ditambah kondisi finansial yang mendukung, akhirnya mereka memutuskan untuk berangkat lagi ke tanah suci untuk beribadah umroh.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ataupun di siapkan oleh mereka yang akan menjalankan ibadah umroh, agar nantinya saat di tanah suci bisa lebih maksimal didalam menjalankan ibadah tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang semoga bisa bermanfaat :


A. Ketika masih di tanah air, hal-hal yang perlu diperhatikan/disiapkan : 

1. Siapkan kelengkapan dokumen-dokumen pendukung, jauh-jauh hari
a. Memiliki paspor yang masih berlaku, minimal 7 bulan terakhir sebelum keberangkatan, dan nama di paspor harus terdiri dari 3 kata, bila masih terdapat kurang dari 3 kata maka harus segera diurus dahulu ke kantor imigrasi setempat untuk dilakukan penambahan nama menjadi 3 kata.
b. Segera memilih travel umroh yang terpercaya, untuk pengurusan visa di kedutaan Saudi Arabia, dengan persyaratan yang harus dilengkapi yaitu : 
-  menyerahkan paspor asli, 
-  Kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
-  Kartu Keluarga (KK)
-  Surat nikah suami istri yang semuanya asli
-  Pas foto 3x4 dan 4x6 dengan fokus wajah 85% dengan background putih masing-masing 8 lembar
-  Kartu Kuning bukti telah melakukan suntik imunisasi meningitis
2. Siapkan pakaian secukupnya sesuai kebutuhan untuk jangka watu sekitar 9-10 hari, termasuk perlengkapan untuk ibadah umroh, perlengkapan obat-obatan, perlengkapan mandi. 
3. Siapkan uang secukupnya saja dan bawa alat komunikasi

4. Siapakan Rohani Kita Sebaik Mungkin
a. Berusaha untuk meluruskan niat kita untuk semata-mata beribadah umroh hanya karena Alloh 
b. Berusaha bertaubat/memohon ampun ke pada Alloh atas semua kekhilafan yang pernah kta lakukan selama ini, juga memohon maaf kepada ibu bapak kita, keluarga kita, tetangga kita, dan handai taulan di lingkungan sekitar kita ataupun kepada siapun juga
c. Berusaha mengetahui hukum-hukum agama seputar ibadah umroh.
d. Berusaha melunasi pinjaman ataupun hutang-hutang kita, termasuk menyiapkan sejumlah dana untuk keluarga dirumah.
e. Tetap berusaha untuk menjaga amalan baik kita, baik itu yang wajib maupun yang sunah

5. Siapkan Jasmani/Fisik Kita Sebaik Mungkin
   Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa Ibadah umroh adalah ibadah yang memerlukan stamina yang prima/bugar, dan jadi tidak ringan bagi mereka yang sudah berusia lanjut.
   Mumpung masih di tanah air, jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, ada baiknya kita :
a. berlatih olahraga seperti : jogging atau lari-lari kecil ataupun jalan kaki rutin setiap pagi, untuk melatih kebugaran tubuh
b. biasakan minum multivitamin, agar daya tahan tubuh tetap terjaga selama menjalankan aktifitas sehari-hari yagn membutuhkan energi yang cukup banyak
c. sebisa mungkin untuk selalu berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan masukan soal kesehatan yang sesuai kondisi tubuh kita, termasuk obat-obat apa yang sebaiknya dibawa ke tanah suci. 


B. Ketika sudah sampai  di tanah suci, hal-hal yang perlu diperhatikan/disiapkan
a. Saat tiba di Tanah Suci, usahakan untuk membuat catatan baik itu disimpan di Handphone maupun di buku kecil, yaitu tentang nama hotel, kamar nomer berapa, alamat hotel dan nomor  teleponnya, dan juga nomer telpon teman serombongan dan juga nomer telpon muthawif/pembimbing umroh
b. Usahakan hafal nama & warna seragam/identitas resmi dari petugas penyelenggara umroh
c. Usahakan untuk pergi selalu bersama rombongan, dan tidak berpencar-pencar
d. Usahakan untuk tetap menggunakan identitas diri, baik itu berupa kartu tanda pengenal, gelang pengenal dll
e. Usahakan tidak panik, tetap tenang dan selalu berdoa, bila terjadi sesuatu pada kita atau teman rombongan kita, misal kita tersesat ataupun tiba-tiba sakit dll

Back To Top -->