Khazzanah Tour Travel Umrah Dan Hajj Plus Jakarta, ID: Ongkos Naik Haji Turun

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours

Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Ongkos Naik Haji Turun


Usai menghadiri sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden Jakarta, Menteri Agama RI Suryadharma Ali Mengatakan " bahwa ongkos Naik Haji ( ONH ) atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji  tahun ini megalami penurunan dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini disebabkan kurs atau nilai tukar dolar AS terhadap rupiah mengalami penurunan, dan itu yang menjadi acuan utamanya.

"Sampai saat  ini belum ada kenaikan Ongkos Naik Haji (ONH). Bahkan malah terjadi penurunan nilai tukar rupiah. Dimana penurunannya itu rata-rata Rp 303," ujar Suryadharma .

Menurut beliau , perhitungan biaya haji dilakukan per embarkasi. Dimana ada 12 embarkasi dan ONH satu embarkasi dengan lainnya berbeda. "Tergantung dari jarak tempat pemberangkatan sampai dengan tempat tujuan. Misalnya Banjarmasin tentu berbeda dengan Aceh," kata dia.

"Kendati demikian biaya rata-rata Ongkos Naik Haji seluruhnya mencapai Rp 30.771.000. Dibandingkan tahun lalu yang rata-rata mencapai diatas Rp 31.000.000. "Jadi ada selisih turunnya sekitar Rp 300 ribu," kata dia.
Penurunan ONH masing-masing embarkasi berbeda-beda. Ada yang turun hingga Rp 1 juta, Rp 500 ribu, dan ada juga yang yang naik.

"Embarkasi Medan, ONH turun paling besar sampai sekitar Rp 1.159.200," kata dia. Dengan catatan, lanjut Menteri, ini menggunakan kurs Rp 8.700 per dolar AS.

Sumber : tribunnews.com
Back To Top -->