Khazzanah Tour Travel Umrah Dan Hajj Plus Jakarta, ID: Keutamaan Puasa Sunnah Arafah Bagi Yang Tidak Melaksanakan Haji

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Keutamaan Puasa Sunnah Arafah Bagi Yang Tidak Melaksanakan Haji



Puasa Sunnah Arafah 9 Dzulhijah Ketika Jama’ah Haji Wukuf di Arafah


Keutamaan Puasa Arafah—Puasa adalah salah satu ibadah yang dikerjakan dengan menghasilkan berbagai manfaat besar bagi para pelaksananya. Berpuasa dapat menundukkan pandangan diantara lawan jenis dan juga dapat mempertebal keimanan didalam diri seorang Muslim atau pun Muslimah. Melakanakan puasa, juga dapat mengistirahatkan organ-organ dalam tubuh terutama organ pencernaan sejenak. Selain itu, dengan berpuasa seseorang yang sakit maag bisa sembuh apabila puasanya dilakukan secara rutin. Bagi orang yang ingin diet, maka dengan langkah berpuasa lah seseorang  dapat melaksanakan program dietnya secara sehat dan tak mengganggu kesehatan seperti yang dialami oleh kebanyakan orang yang ingin melakukan diet secara ekstrim. Memang segala sesuatu yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala perintahkan akan menunjukkan manfaat yang besar bagi para hamba-Nya yang meyakininya. Puasa yang wajib hanya ada dibulan Ramadhan saja, sedangkan puasa sunnah yang pernah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasalam ada disetiap bulan ataupun hari. Jadi bagi Anda yang ingin merasakan manfaatnya dari ibadah puasa, Anda bisa melaksanakan puasa sunnah yang pernah dicontohkan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasalam.

Salah satu puasa yang tentunya memberikan manfaat baik bagi yang melaksanakannya dan juga memberikan keutamaan diakhirat kelak tak lain adalah puasa Arafah. Keutamaan Puasa Arafah itu, sangat bermanfaat dan sangat besar. Pastinya tak akan rugi bagi kita yang melaksanakan puasa Arafah ini. Nah apa itu puasa Arafah? Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan bagi umat Muslim dan Muslimah yang tidak menunaikan ibadah haji, pada saat semua Jama’ah Haji sedang melaksanakan wukuf di Arafah. Adapun waktu untuk pelaksanaan puasa Arafah agar bisa mendapatkan Keutamaan Puasa Arafah adalah tanggal 9 Dzulhijah pada penanggalan kalender Hijriyah. Pada tahun ini, pada penanggalan kalender Masehi jatuh pada tanggal 31 Agustus 2017. Nah, jadi jika mau mendapat Keutamaan Puasa Arafah, Anda bisa melaksanakan ibadah puasa sunnah Arafah pada tanggal 31 Agustus 2017 ya? Adapun hukum bagi pelaksana puasa Arafah ini adalah sunnah muakkadah atau sunnah namun dianjurkan.

Hadits yang Menerangkan Puasa Arafah



Keutamaan Puasa Arafah yang bisa didapat bagi orang yang tidak menunaikan ibadah haji adalah dapat dihapuskannya dosa satu tahun yang lalu dan dosa satu tahun yang akan datang. Salah satu hadits yang menerangkan mengenai Keutamaan Puasa Arafah Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu‘alaihi Wasalam bersabda, adalah “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).

Penjelasan Mendetail Oleh Imam Syafi’I dan Ulama Syafi’iyah Tentang Puasa Arafah



Dalam pelaksanaanya ibadah puasa sunnah Arafah agar mendapatkan Keutamaan Puasa Arafah secara afdholnya telah dijelaskan kembali yaitu Imam Nawawi dalam Al Majmu’ (6: 428) berkata, “Adapun hukum puasa Arafah menurut Imam Syafi’i dan ulama Syafi’iyah: disunnahkan puasa Arafah bagi yang tidak berwukuf di Arafah. Adapun orang yang sedang berhaji dan saat itu berada di Arafah, menurut Imam Syafi’ secara ringkas dan ini juga menurut ulama Syafi’iyah bahwa disunnahkan bagi mereka untuk tidak berpuasa karena adanya hadits dari Ummul Fadhl.”

Adapun hadits Ummu Fadhl yakni ialah : “Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi Shallallahu‘alaihi Wasalam. Sebagian mereka mengatakan, ‘Beliau berpuasa.’ Sebagian lainnya mengatakan, ‘Beliau tidak berpuasa.’ Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya.” (HR. Bukhari no. 1988 dan Muslim no. 1123). Ikuti program Umroh Desember yang murah dan amanah sekarang juga dengan menghubungi Khazzanah Tour Travel!
Back To Top -->