Khazzanah Tour Travel Umrah Dan Hajj Plus Jakarta, ID: Keutamaan dan Tata Cara Shalat Dhuha

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Keutamaan dan Tata Cara Shalat Dhuha

Keutamaan yang Didapat Bagi yang Mengerjakannya dan Tata Cara Shalat Dhuha


Keutamaan Shalat Dhuha—Sahabat, sepertinya apabila kita membicarakan mengenai shalat sunnah sangat banyak sekali dibandingkan shalat wajib yang hanya 5 waktu dan perlu dikerjakan setiap hari oleh umat Islam. Shalat sunnah hukumnya memang sunnah, namun pahala maupun keutamaan yang didapat sangatlah besar dan sangat berpengaruh untuk hidup kita di dunia. Mengapa berpengaruh bagi kehidupan kita di dunia? Ya, karena disetiap shalat kita akan dihitung oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan kemudian Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak akan membiarkan kita dalam kesulitan didalam dunia ini. Bukan hanya itu, bahkan diakhirat kelak ketika kita meninggal tidak akan menyentuh api neraka. Karena shalat kitalah yang menolong kita. Dalam pembahasan dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai shalat sunnah Dhuha, kita sama-sama akan mengetahui Keutamaan Shalat Dhuha dan tata caranya dalam melakukan shalat sunnah Dhuha.

Keutamaan Shalat Dhuha diantaranya adalah :


1.Keutamaan Shalat Dhuha yang sangat besar salah satunya adalah dibuatkannya rumah ataupun istana di surga.  Ada dua hadits yang menjelaskan tentang ini, yang pertama dibuatkannya rumah di surga, Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasalam bersabda : “Barang siapa shalat Dhuha empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia dibangunkan sebuah rumah di surga” (Shahih Al Jami’ : 634). Kemudian hadits yang kedua mengenai dibuatkannya istana di surga yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Abu Majah, Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda : “Barang siapa shalat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga” (HR. Tirmidzi dan Abu Majah).

2.Sedekah untuk seluruh persendiaan tubuh manusia terutama bagi yang mengerjakannya. Hal ini telah dijelaskan dalam hadits yang dikatakan oleh Abu Dzar Al Ghifari, bahwa Rasulluah Shalallahu’alahi Wasalam bersabda : “Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan shadaqahnya. Setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap tahlil adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, menyuruh kepada kebaikan adalah shadaqah, dan melarang berbuat munkar adalah shadaqah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat” (HR. Muslim). Keutamaan Shalat Dhuha ini adalah salah satu keutamaan yang menyehatkan bagi si pelakunya. Selain menyehatkan, si pelakunya juga mendapatkan pahala. Sungguh Islam itu sangat adil dan beribadahnya pun menjadi menyenangkan sambil berolahrga. Klik http://www.travel-umroh-haji.com Januari, untuk mengetahui info umroh awal tahun!

3.Mendapatkan ampunan dosa dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hadits yang menjelaskan tentang ini adalah hadits yang diriwayatkan Tirmidzi, yang artinya adalah “Siapapun yang melaksanakan shalat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih lautan” (HR. Tirmidzi).

4.Mendapatkan pahala yang setara dengan pahala umroh. Haditsnya adalah : “Barang siapa yang mengerjakan shalat fajar (subuh) berjama’ah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umroh, sempurna, sempurna, sempurna” (Shahih Al Jami’ : 6346).

Itulah beberapa Keutamaan Shalat Dhuha yang bisa kita dapatkan apabila kita telah mengerjakannya. Lalu bagaimanakah tata cara melakukan shalat Dhuha?

Tata Cara Melakukan Shalat Dhuha :


1.Niat Shalat Dhuha diucapkan didalam hati saja dan dilakukan bersamaan dengan takbiratul ihram.
2.Membaca do’a iftitah
3.Membaca surat Al Fatihah
4.Membaca salah satu surat dalam Al Qur’an misalnya Ad Dhuha
5.Ruku’ dan membaca tasbih sebanyak 3x
6.I’tidal kemudian membaca bacaannya seperti saat melakukan shalat wajib
7.Sujud pertama lalu membaca tasbih sebanyak 3x
8.Duduk diantara 2 sujud dan membaca bacaannya seperti saat melakukan shalat wajib
9.Sujud kedua
10.Kemudian langsung berdiri lagi melakukan rakaat kedua tanpa membaca niat lagi
11.Tasyahud akhir
12.Salam 2x
13.Kemudian berdo’a sesuai keinginan Anda yang Anda ingin minta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Demikian tata cara shalat Dhuha yang bisa Anda lakukan di rumah dengan jumlah rakaat minimal 2 dan maksimal 12 rakaat. Jangan lupa shalat Dhuha hanya dilakukan sendiri dan tidak berjama’ah. Shalatlah dengan khusyu dan mengharap ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar Anda mendapat Keutamaan Shalat Dhuha yang telah disebutkan diatas. Lihat estimasi Biaya Umroh dari Khazanah Tour disni!


Back To Top -->