Khazzanah Tour Travel Umrah Dan Hajj Plus Jakarta, ID: Cara Berbakti Orang Tua Yang Sudah Meninggal

PT Galih Tunggal Perkasa
Khazzanah Tours
Head Office : Jl Terusan I Gusti Ngurai Rai No. 6
Pondok Kopi Duren Sawit Jak - Tim. 13460
Khazzanah Tours

Cara Berbakti Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Berbakti Orang Tua Yang Sudah Meninggal Wajib Dilakukan Oleh Seorang Anak


Cara Berbakti Kepada Orang Tua—Sebagai manusia biasa, apakah Anda pernah melawan orang tua walaupun hanya berkata “ah” semasa hidup orang tua? Sepertinya sebagai manusia biasa yang tak pernah terhindar dari kesalahan dan kekhilafan pastinya pernah berkata yang membuat orang tua sedih. Namun, setelahnya kita harus meminta maaf kepada orang tua dan menyesali perbuatan kemudian berjanji dalam hati tidak akan mengulanginya lagi. Apalagi anak jaman sekarang, sudah tidak lagi mengutamakan berbakti kepada kedua orang tua. Kebanyakan yang melawan bahkan banyaknya kasus-kasus yang beredar di sosial media sekarang ini orang tua menjadi korban pembunuhan anaknya sendiri. Na’udzubillahi min dzalik ya? Ketika sedang mengalami emosi, lebih baik meredamkan emosi terlebih dahulu agar tidak berkata yang membuat orang tua sedih. Karena apabila sudah melakukan yang membuat orang tua sedih, nantinya akan membuat penyesalan untuk kita ketika orang tua sudah meninggal. Maka dari itu, berbaktilah ketika orang tua masih hidup. Tetapi bagi Anda yang orang tuanya sudah meninggal, juga bisa tetap berbakti. Bagaimana Cara Berbakti Kepada Orang Tua?

Cara Berbakti Kepada Orang Tua adalah sebagai berikut :


1.Menjadi Anak yang Soleh dan Soleha


Meski kedua orang tua kita seandainya awam dengan ilmu agama Islam semasa hidup kemudian jarang mengutamakan ibadah, sebaiknya kita sebagai anak bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Ini merupakan salah satu  Cara Berbakti Kepada Orang Tua karena amal ibadah anak soleh dan soleha dapat menjadi penolong kedua orang tua ketika diakhirat kelak. Mau informasi umroh awal tahun yang lengkap dan pasti KLIK DISINI

2.Menjalin Hubungan yang Baik Dengan Teman Kedua Orang Tua


Pada saat kedua orang tua telah meninggal, agar silaturahmi tetap terjaga sebaiknya kita sebagai anak meneruskan silaturahmi tersebut agar tetap terjalin persaudaraan dengan teman-teman Ayah dan Ibu. Teman Ayah dan Ibu juga merupakan orang tua yang patut kita hormati layaknya orang tua kita sendiri. Cara Berbakti Kepada Orang Tua ini juga membuat nama orang tua terjaga kehormatannya dan tidak akan dijelekkan oleh orang lain meski telah meninggal. Ada hadits yang menjelaskan mengenai hal ini, yakni yang artinya : “Sesungguhnya suatu hal paling berbakti ialah silaturahim seorang anak pada kerabat yang mencintai Ayahnya” (HR. Muslim)

3.Melunasi Segala Hutang Kedua Orang Tua


Sebagai anak, bersegeralah melunasi hutang-hutang ketika orang tua baru meninggal. Jangan sampai sudah lama, dan kedua orang tua kita diakhirat kelak akan diminta pertanggungjawabannya. Cara Berbakti Kepada Orang Tua ini telah dijelaskan dalam hadits yang artinya : Abu Hurairah Radiyallahu’ Anhu berkata, Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda : “Ruh seorang beriman tergantung dengan hutangnya, sampai dilunasi hutangnya” (HR. Tarmidzi dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab shahih Al Jami’, No. 6779).


4.Berdo’a Yang Baik-Baik Untuk Kedua Orang Tua


Ketika orang tua masih ada atau masih hidup atau pun sudah meninggalkan dunia ini, sebaiknya kita sama-sama mendo’akan orang tua yang baik. Hal ini salah satu Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang mudah dan sebagai penolong orang tua ketika diakhirat kelak.

5.Ketahuilah Dan Laksanakan Nadzar Atau Wasiat Kedua Orang Tua


Cara Berbakti Kepada Orang Tua ini sudah ada hadits yang telah menjelaskannya : Dari Ibnu Abbas sesungguhnya seorang wanita dari Juhainah, datang kepada Nabi Shalallahu’alaihi Wasallam lalu dia berkata : “Sesungguhnya ibu saya sudah bernadzar melakukan haji, dia meninggal sebelum melaksankan nadzar hajinya. Apakah boleh melakukan haji menggantikannya?” Rasulullah menjawab, “Lakukan haji untuknya” (HR. Bukhari).

Pada kesempatan kali ini, Khazzanah Tour Travel mengajak para pembaca agar selalu berbakti kepada orang tua. Baik kepada orang tua yang masih ada menemani kehidupan kita atau pun orang tua yang telah tiada. Selain Cara Berbakti Kepada Orang Tua seperti yang telah disebutkan diatas, bisa juga dengan mengunjungi makam orang tua lalu mendo’akannya atau bersedekah untuk orang tua yang sudah meninggal.

Back To Top -->